Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

Desaku Purwakarta
Rp. 0
Keranjang masih kosong.

Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

Giat Operasi Yustisi di Terminal Wanayasa.

Giat Operasi Yustisi di Terminal Wanayasa.

 

          Pandemi covid-19 masih terus berlangsung sampai saat ini. Korban infeksi virus ini, baik yang terkonfirmasi positif maupun yang meninggal dunia terus bertambah setiap harinya di seluruh dunia. Begitu juga di negara kita, Indonesia. Setiap harinya selalu ada info terbaru mengenai kematian yang disebabkan virus ganas ini. Kendati begitu, harapan untuk berakhirnya pandemic masih ada, bahkan begitu besar. Pemerintah Indonesia terus berupaya untuk mengatasinya melalui Satuan Tugas ( Satgas ). Sayangnya kesadaran masyarakat mulai menurun, seperti tidak begitu peduli akan ganasnya virus Corona yang hampir setahun ini melanda negeri kita. Ditambah lagi tidak sedikit informasi yang beredar dimasyarakat tidak tepat.

          Harapan berakhirnya pandemic Covid -19 ini sangat besar. Hal ini tentu dengan penerapan protokol kesehatan, melalui 3 M ( memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan baik dan benar ).

          Akhir pandemi ini juga bisa terwujud dengan apabila kita selalu menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit. Karena virus ini mudah menyerang pada saat daya tahan tubuh kita melemah. Jadi kita diwajibkan untuk selalu menjaga kesehatan. Sehat itu sendiri bisa diartikan dengan sehat secara fisik atau jasmani dan sehat secara psikis atau rohani. Oleh karena itu, masyarakat harus membiasakan untuk menjalani gaya hidup yang bersih dan sehat agar terhindar dari penularan virus.

         Gaya hidup sehat dengan selalu memakan makanan yang sehat seperti banyak makan buah dan sayur sangatlah penting. Tidak lupa juga untuk selalu minum air putih yang banyak agar kita juga terhidrasi.

          Selain menerapkan protokol kesehatan melalui 3 M kita juga diwajibkan menerapkan protokol kedatangan , hal ini sangatlah penting dimana seseorang sudah melakukan kegiatan diluar rumah, baik bekerja atau kegiatan lainnya yang tentunya akan banyak melakukan kontak erat dengan banyak orang. Setelah melakukan aktivitas diluar rumah, lepaskan sepatu diluar rumah, membersihkan barang barang sebelum dibawa masuk kedalam rumah, segera mandi, keramas dan ganti baju yang bersih, baru kemudian menyapa dan berkumpul dengan keluarga. Kebiasaan itu harus selalu dijalankan karena kita tidak tahu apa yang kita bawa dari luar.

          Penting bagi masyarakat untuk selalu disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan dan diharapakan tetap selalu optimis serta terus ikut mendukung berbagai upaya pemerintah dalam menghadapi pandemic Covid-19 ini bersama sama.

         Dan semenjak kasus Covid 19 di Indonesia terus mengalami peningkatan sejak pengumuman kasus di awal bulan Maret 2020. Untuk menekan penyebarannya Operasi Yustisi terus digerakkan sampai sekarang. Di Desa Wanayasa Operasi Yustisi dilakukan setiap hari Selasa dan Kamis, biasanya mulai pukul 09:00 sampai dengan selesai.

          Operasi Yustisi itu sendiri selalu melibatkan berbagai unsur di Kecamatan Wanayasa, seperti TNI- Polri, Satpol PP, Pemerintah Desa dan Kecamatan. Aparat gabungan tersebut kadang membagikan masker secara gratis bagi pengendara kendaraan yang tidak menggunakan masker.

          Dalam pelaksanaannya aparat gabungan tersebut selalu melakukan pendisiplinan secara persuasif serta humanis. Bagi para pelanggar biasanya mendapatkan sanki dan juga pembinaan mengenai pentingnya mematuhi protokol kesehatan diatantaranya memakai masker, menjaga jarak, sering mencuci tangan dengan baik dan benar serta menghindari kerumunan, tutur Bripka Agus Imamunandar selaku anggota Polsek Wanayasa yang mengikuti pelaksanaan Operasi Yustisi di sekitar jalan terminal wanayasa pada salah satu pelanggar yang terjaring razia pada saat operasi Yustisi hari Kamis, 04 Februari 2021.

          Sebelumnya Operasi Yustisi ini pernah dilaksanakan bersamaan dengan hadirnya Wakil Bupati Purwakarta, H. Aming. Pada saat itu H. Aming membagikan masker gratis kepada seluruh pengguna jalan yang kebetulan melintas dan tidak menggunakan masker.

          Babang Subarna, M.Pd selaku Pj. Kepala Desa Wanayasa berharap dengan rutinnya Operasi Yustisi yang dilaksanakan Polsek Wanayasa diharapkan dapat menekan penyebaran Virus Covid-19 yang semakin parah.

          Mudah mudahan masyarakat semakin sadar akan pentingnya menjaga kesehatan dan tidak menularkan penyakit karena kecerobohannya. Masyakarat wajib mendukung gerakan ini bersama sama agar kita semua bisa melalui aktivitas lagi seperti biasanya dan bebas Corona.

 

( Nururl Siti Hasanah )

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Komentar

Email anda tidak akan ditampilkan. Harap isi semua yang bertanda *