Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

Desaku Purwakarta
Rp. 0
Keranjang masih kosong.

Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

Mini Pameran UMKM di masa Pandemi covid-19

Mini Pameran UMKM di masa Pandemi covid-19

Peran UMKM dalam menjaga pertumbuhan ekonomi di tingkat daerah sudah tidak diragukan lagi. Untuk memberikan dukungan bagi para pelaku UMKM di Kecamatan Wanayasa, Desa Wanayasa menyelenggarakan Mini Pameran UMKM. Mini Pameran UMKM di Desa Wanayasa telah sukses digelar bertepatan dengan kegiatan rutin TP PKK Kecamatan Wanayasa yang menurut jadwal adalah giliran Desa Wanayasa.

Berbeda dengan pameran biasanya, mini pameran ini merupakan kegiatan memamerkan produk unggulan setiap RT tapi secara terbatas, kegiatan ini tidak mengharuskan ada banyak pengunjung. pameran ini lebih ke presentasi antara Pengelola dengan Para pemilik produk yang dipamerkan, karena kegiatan ini dilaksanakan saat masih Pandemi Covid-19.

Kegiatan yang digelar pada Kamis, 11 Februari 2021 tersebut dapat berjalan dengan lancar dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Dimana kita bisa berkumpul di suatu ruangan dengan tetap menjaga jarak, menggunakan masker dan mencuci tangan atau menggunakan hand Sanitizer. Aula yang cukup luas membuat kita bisa menjaga jarak dan tidak berdesakan tutur Babang Subarna, M.Pd selaku Kades Wanayasa saat di temui tim dari Polsek Wanayasa, seraya mengatakan hal tersebut sesuai dengan anjuran dari AKP Dharmaji, SH, MH pada saat ditemui di kantor POLSEK sebelum acara digelar saat meminta Izin untuk menggelar acara tersebut. Pada saat itu Kapolek Wanayasa dengan sangat tegas mewanti wanti agar pagelaran tersebut sesuai dengan Protokol Kesehatan yang Ketat dan menghimbau agar pengunjung tidak melebihi kapasitas yang seharusnya.

Produk yang dipamerkan pada acara tersebut tidak tebatas pada hanya produk makanan saja, beberapa produk kerajinan tangan hasil wargapun dapat kita temui di mini pameran yang digelar di Aula Desa Wanayasa tersebut. Sebagai contoh perwakilan RT 15 yang memamerkan produk miniatur Gitar, Ceret dll. Ada juga RT 05 dan RT 06 memamerkan produksi kerajinan golok, dimana berbagai golok hias dipamerkan dalam acara tersebut, bahkan stand RT 06 ini menyabet penghargaan sebagai pemenang ke-I sebagai stand terbaik.

Berbagai jenis makanan ringanpun ditampilkan mulai dari makanan tradisional yang sudah tidak asing lagi sampai makanan yang mungkin baru kita dengar namanya, seperti keripik gedebog pisang atau keripik batang pisang. ini suatu inovasi yang sangat bermanfaat. Karena ternyata batang pisang baik untuk kesehatan. Meski demikian sayangnya masih banyak yang belum melirik dan menyadari khasiat batang pisang. Padahal selain memiliki khasiat bagi kesehatan ternyata harga batang pisang ini sangat mahal diluar negeri dan para pelaku UMKM di desa Wanayasa cukup jeli memanfaatkan peluang ini menjadi makanan ringan ( Snack ) renyah. Pelaku UMKM memanfaatkan batang pisang menjadi sebuah makanan yang enak dan dari sini kita dapat mengetahui bahwa batang pisang yang biasanya kita buang ternyata bisa bermanfaat menjadi makanan.

selain itu ada juga olahan dari buah Pala. Buah pala yang dulu hanya menjadi manisan saja, kini dapat diolah menjadi berbagai produk unggulan seperti selai, Jelly bahkan dijadikan syrup. Ini tidak terlepas dari peran Dikti Universitas Pasundan, Bandung yang sejak tahun 2017 menjalin Kerjasama pemberdayaan masyarakat dengan Desa Wanayasa. Rencananya tahun 2021 ini Universitas Pasundan Kembali akan melakukan MOU dengan pihak pemerintah desa Wanayasa dalam bidang yang sama.

Pada saat mini pameran berlangsung para pelaku usaha yang memamerkan produknya berkesempatan untuk menjualnya langsung jika ada yang berminat. dalam acara tersebut pengunjung bisa bertemu dan bertransaksi langsung dengan pemilik produk. Kapolsek Wanayasa, AKP Dharmaji, SH, MH ikut mendukung acara tersebut, beliau mengatakan “ guna membangkitkan semangat dalam berbisnis, diharapkan acara tersebut mampu membuat pelaku UMKM kembali bangkit dan memiliki semangat lebih baik untuk semakin maju serta membantu dalam pemulihan ekonomi di Desa Wanayasa “.

Acara tersebut juga dihadiri oleh perwakilan dari DPMD, Tokoh Perempuan Desa Wanayasa, Ketua TP PKK Kecamatan Wanayasa, Bhabinkamtibmas, Bhabinsa Wanayasa serta untus pendamping desa

Mudah mudahan diadakannnya acara mini Pameran tersebut para pelaku ekonomi jadi termotivasi untuk bisa lebih maju lagi. Adanya banyak referensi berbagai jenis makanan yang dipamerkan diharapkan menjadi ide untuk berinovasi dan dapat memikat khalayak luas untuk Kembali melirik produk unggulan desa Wanayasa hingga dapat berdampak pada peningkatan ekonomi warga desa.

 

 

(Nurul Siti Hasanah)

 

 

Tinggalkan Komentar

Email anda tidak akan ditampilkan. Harap isi semua yang bertanda *

Artikel Terpopuler