Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

Desaku Purwakarta
Rp. 0
Keranjang masih kosong.

Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

Sosialisasi Persiapan PILKADES di masa Pandemi

Sosialisasi Persiapan PILKADES di masa Pandemi

          Jumat pagi ini, 29 Januari 2021 pukul 09:00 WIB Aula Desa Wanayasa diramaikan oleh acara kegiatan Rapat Persiapan PILKADES Serentak. Rapat yang dilaksanakan ini merupakan rapat yang di selenggarakan oleh Pemerintahan Desa Wanayasa, dibuka langsung oleh Lukman Hakim selaku Wakil Ketua BPD yang diikuti oleh seluruh perangkat dan aparat Desa, mulai dari ketua RT, Ketua RW, BPD, Dusun dan Ketua Pokja PKK.

          Walaupun cuaca pagi ini diselimuti hujan tapi hampir seluruh undangan hadir tepat pada waktunya. Cuaca yang begitu dingin tidak menyurutkan antusias para undangan untuk membahas rangkaian acara persiapan PILKADES.

          Rapat persiapan ini merupakan rapat yang bertujuan untuk menyatukan persepsi di tingkat Desa, oleh karena itu Rapat Persiapan ini sangatlah dipandang perlu untuk memberikan wawasan terkait tahapan PILKADES serentak bahkan Babang Subarna, M.Pd selaku Pj. Kepala Desa Wanayasa mengatakan agar kita bekerjasama supaya tidak terjadi ketidakkondusifan serta dapat meminimalisir konflik atau permasalahan selama proses PILKADES hingga terpilihnya Kepala Desa yang baru.

          Karena PILKADES kali ini dimasa pandemi, kita masih diwajibkan menjalankan Protokol Kesehatan maka untuk Pemilihan Kepala Desa kali ini Desa Wanayasa harus mempersiapkannya sesuai protokol Kesehatan. Dilarangnya berkerumun membuat pemilu kali ini agak berbeda dengan pemilihan Kepala Desa sebelumnya. Desa wajib menyiapkan TPS lebih banyak dari biasanya, hal ini disesuaikan dengan situasi pandemi yang belum usai serta adanya aturan pembatasan pemilih disetiap TPS yang nantinya akan ditetapkan atau diatur dalam peraturan Bupati kabupaten Purwakarta tentang Pemilihan Kepala Desa. Selain TPS yang lebih dari biasanya di setiap TPS juga wajib melaksanakan 3 M yaitu, menyediakan tempat cuci tangan, menjaga jarak dan memakai masker.

          Dalam tahapan persiapan PILKADES Setiap RT dibantu RW dan Dusunnya juga wajib update data penduduk agar saat menjelang Pemilihan semua data telah siap, keakuratan data sangat diperlukan guna tidak terjadi double data atau justru tidak terdata sehingga tidak mendapat hak pilih.

          Semua data yang telah di rekap oleh RT diserahkan Kepada Abdul Rosyid selaku Kasi Pemerintahan Desa Wanayasa yang memang setiap bulannya dihimbau  selalu ada pemutakhiran data.

          Calon pemilih di Desa Wanayasa yang jumlahnya sampai saat ini sekitar 4637 pemilih kemungkinan besar akan membutuhkan 9 TPS yang setiap TPS nya maksimal berjumlah 500 orang. Hal ini bisa saja berubah mengingat setiap hari selalu ada perubahan data, mulai dari yang pindah datang atau pindah keluar.

          Harapan kami selaku pemerintah Desa, mudah mudahan pemilihan Kepala Desa Serentak ini bisa berjalan dengan lancar.

 

 

( Nurul Siti Hasanah )

 

Tinggalkan Komentar

Email anda tidak akan ditampilkan. Harap isi semua yang bertanda *

Artikel Terpopuler