Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

Desaku Purwakarta
Rp. 0
Keranjang masih kosong.

Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

VAKSINASI DI KECAMATAN WANAYASA

VAKSINASI DI KECAMATAN WANAYASA

              Sampai saat ini pandemi corona masih terus berlangsung. Berbagai cara dilakukan pemerintah untuk mengatasi Covid-19. Mulai dari membatasi kegiatan masyarakat, mengajak masyarakat untuk melakukan protokol kesehatan, seperti melaksanakan 3 M yaitu mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak. Semua dilakukan sebagai antisipasi agar dapat meminimalisir terjadinya penularan Covid-19, selain itu Pemerintah juga kini menyediakan vaksin bagi masyarakat. Pada 13 Januari 2021 lalu pun program vaksin Covid-19 mulai dijalankan.

            Presiden RI, Joko Widodo, menjadi penerima vaksin pertama yang berasal dari Sinovac di Istana Merdeka. Vaksinasi virus corona ini dilakukan setelah Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) resmi mengeluarkan izin penggunaan darurat untuk vaksin virus corona dari Sinovac pada Senin, 11 Januari 2021
. Dengan begitu, pemerintah mengajukan vaksinasi tahap pertama untuk para tenaga kerja medis, yang akan dilanjutkan kepada masyarakat.
Diharapkan pada Maret 2022
 seluruh masyarakat telah mendapatkan vaksinasi Covid-19 untuk membantu mengatasi bahkan memutus kasus Covid-19 yang sudah lebih dari setahun menyerang Indonesia.

            Kita tidak hanya diwajibkan menjalankan protokol kesehatan serta menghindari kerumunan, salah satu pencegahan yang bisa dilakukan untuk mengatasi corona adalah vaksinasi. Nah, vaksinasi sendiri merupakan proses memasukan virus atau bakteri yang sudah dilemahkan atau dimatikan untuk merangsang imun tubuh membentuk antibodi.

            Di Kecamatan Wanayasa pada hari Senin ini, 22 Maret 2021
telah dilaksanakan proses vaksinasi tersebut yang bertempat di Aula Kecamatan Wanayasa mulai pukul 10:00 sampai pukul 12:00 WIB.
Beberapa diantaranya adalah Perangkat Desa dan  BPD. Untuk Desa Wanayasa salah satu diantaranya yang menerima vaksin adalah Para Dusun dan Ketua BPD.

            Sebelum melakukan vaksinasi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan bagi calon penerima vaksin. Mereka harus dalam keadaan yang sehat. Selain itu juga sebelum di vaksin, para tenaga medis akan mengecek terlebih dahulu para calon penerima vaksin untuk di cek kesehatannya.

            Bukan hanya sehat, ada beberapa hal yang harus diperhatikan juga sebelum menerima vaksin corona. Salah satunya harus berumur 18 tahun ke atas, tidak memiliki penyakit kronis, seperti penyakit jantung, ginjal kronis, penyakit saluran pencernaan kronis, hipertiroid atau hipotiroid, serta penyakit kanker, tidak sedang mengalami infeksi akut yang disertai dengan demam, batuk, pilek, diare, dan lain-lain, tidak sedang hamil, tidak memiliki anggota keluarga yang menjadi pasien Covid-19 atau sedang dalam perawatan Covid-19 dan masih banyak lagi.

            Vaksin yang digunakan di Indonesia ini termasuk vaksin yang aman. Efek sampingnya termasuk dalam kategori ringan. Bahkan, bisa saja para penerima vaksin tidak akan mengalami efek samping apapun setelah mendapatkan vaksinasi Covid-19 walaupun 
kemungkinan terjadi juga efek samping seperti rasa sakit di bagian lengan yang di vaksin, demam atau sakit kepala. Tapi kejadian itu  jarang terjadi.

            Babang Subarna
, M.Pd selaku Pj. Kapala Desa Wanayasa dan Heryadi Erlan WD, S. STP selaku Camat Wanayasa yang biasa di sapa Abah Elan pun  berharap dengan adanya upaya  vaksinasi di Wanayasa dapat memutus virus Covid-19 secara merata.

Tinggalkan Komentar

Email anda tidak akan ditampilkan. Harap isi semua yang bertanda *