Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

Desaku Purwakarta
Rp. 0
Keranjang masih kosong.

Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

SOSIALISASI PILKADES SERENTAK DESA WANAYASA DI MASA PANDEMI COVID -19

SOSIALISASI PILKADES SERENTAK DESA WANAYASA DI MASA PANDEMI COVID -19

Setelah pelaksanaan pengundian nomor urut calon Kepala Desa Wanayasa dilaksanakan dan ditetapkanlah calon Kepala Desa yang berhak dipilih oleh warga masyarakat, panitia wajib melakukan sosialisasi Calon Kepala Desa kepada masyarakat.

Berikut nama nama dan nomor urut calon kepala desa Wanayasa :

1. Makmur Hidayat, S.Pd
2. Aam Muharam
3. Hoerudin
4. Ganjar Gandara

Maka dari itu Panitia Pemilihan Kepala Desa Wanayasa mulai melaksanakan sosialisasi ini melalui berbagai media, diantaranya pemasangan baliho yang memuat foto serta nomor urut seluruh calon kades yang dipasang di tempat strategis yang mudah dilihat oleh masyarakat. Selain itu masyarakat juga bisa melihat para calon kepala desa di media sosial seperti Facebook.

Panitia pemilihan Kepala Desa Wanayasa juga  membuat akun khusus untuk mensosialisasikan kegiatan Pilkades mulai dari susunan kegiatan dan sosialisasi.

Beberapa di antara calon juga memasang spanduk, leaflet para calon yang di pasang di berbagai tempat secara mandiri.

Pada hari Jumat, 03 Juli 2021 panitia pilkades desa Wanayasa yang di ketuai IIP SARIPUDIN, S.Pd mengadakan sosialisasi pertama di kp. Cileungsing RT 019/ 001. acara tersebut dilaksanakan setelah bada Jumat, pukul 13:30. Acara tersebut berjalan dengan lancar tanpa hambatan dan sesuai dengan rencana.

Sosialisasi yang di laksanakan di wilayah kampung cileungsing ini juga di hadiri oleh Ikhsan Firmansyah selaku Sekretaris Desa Wanayasa yang mewakili Pj. kepala Desa Babang Subarna, M.Pd. Pada saat itu Babang Subarna tidak bisa ikut hadir karena mengikuti Zoom Meeting di Kecamatan Wanayasa. Sehingga, baik Pj Kepala Desa maupun Camat Wanayasa yang biasa di sapa Abah Elan pun tidak dapat ikut hadir.

Dengan adanya sosialisasi ini diharapkan dapat mewujudkan Pilkades sebagai kerjasama untuk menuju kesuksesan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat desa Wanayasa.

Kita berharap Pilkades ini menjadi momentum  untuk memperkuat partisipasi masyarakat dan konsolidasi demokrasi, sebab masyarakat mempunyai peranan penting dalam menentukan arah kebijakan Pemerintah Desa sesuai kebutuhan masyarakat. Kades sebagai pimpinan penyelenggaraan pemerintahan desa diharapkan menjadi figur yang peka terhadap segala sesuatu yang terjadi di masyarakat.

Sosalisasi yang dilaksanakan ditengah masa pandemi covid19 ini mengharuskan setiap peserta yang ikut mendampingi calon kepala desa agar mentaati peraturan yang berlaku dan wajib melaksanakan prokes. Warga yang ikut berpartisipasi harus menggunakan masker dan tidak terlalu banyak sehingga tidak terjadi kerumunan. Setiap calon hanya dibolehkan membawa tim suksesnya secara terbatas.

Walaupun dalam peraturan dibolehkan membawa tim tapi ada juga calon kepala desa yang tidak mengikutsertakan tim nya. Bukan tanpa alasan tetapi karena terbatasnya tempat dan ketatnya peraturan sehingga beberapa di antaranya tidak mengikutsertakan tim/ pendukungnya.

Sosialisasi yang kedua rencananya akan di laksanakan pada hari Sabtu, tanggal 10 Juli 2021 namun sepertinya rencana itu tidak bisa dilaksanakan karena bertepatan dengan adanya PPKM DARURAT yang telah di laksanakan di Jawa dan Bali. Salah satu kota / kabupaten di pulau Jawa adalah Purwakarta, tepatnya desa Wanayasa. Sehingga acara ditunda dulu sampai waktu yang belum di tentukan.

Beberapa rencana kedepan mungkin akan terhambat dengan adanya PPKM DARURAT. Sehingga pelaksanaan sosialisasi selanjutnya yang rencananya akan di laksanakan beberapa hari kedepan tertunda.

Untuk menyikapi situasi tersebut panitia Pilkades sementara mengambil inisiatif melaksanakan sosialisasi calon dengan memanfaatkan media sosial.

Nurul Siti Hasanah

Tinggalkan Komentar

Email anda tidak akan ditampilkan. Harap isi semua yang bertanda *

Artikel Terpopuler