Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

Desaku Purwakarta
Rp. 0
Keranjang masih kosong.

Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

Kecamatan Wanayasa Kembali Melaksanakan Donor Darah

Kecamatan Wanayasa Kembali Melaksanakan Donor Darah

          Donor darah adalah proses pengambilan darah dari seseorang secara sukarela atau pengganti untuk disimpan di Bank Darah sebagai stok darah untuk kemudian digunakan untuk transfusi darah. Kegiatan donor darah ini gencar digemborkan oleh PMI kabupaten Purwakarta.

          Seperti halnya kegiatan hari ini dimana Palang Merah Indonesia (PMI) kabupaten Purwakarta kembali mengadakan kegiatan donor darah di Kecamatan Wanayasa, Tepatnya Di Aula Surianata Kecamatan Wanayasa. Kegiatan Sekecamatan Wanayasa tersebut dilaksanakan pada hari Rabu, 27 Januari 2021 pukul 09:00 WIB sampai selesai atau sekitar pukur 12:00.

          Kegiatan tersebut diikuti oleh kurang lebih 50 orang mulai dari warga juga pegawai di Desa Sekecamatan Wanayasa, mulai dari aparat Desa, Pegawai Kecamatan juga dari unsur Dinas Pendidikan.

          Kegiatan tersebut diinisiasi oleh Heryadi Erlan W, S. STP selaku camat Wanayasa yang biasa di sapa Abah Erlan bekerjasama dengan PMI kabupaten Purwakarta dimana Wakil ketua PMI Purwakarta adalah Kasi Pemerintahan di Kecamatan Wanayasa sekaligus sebagai Pj. Kepala Desa Wanayasa yaitu Babang Subarna, M.Pd.

          Kegiatan donor darah ini adalah yang kedua kalinya dilaksanakan oleh Kecamatan Wanayasa semenjak Heryadi Erlan W. S.STP menjabat sebagai camat Wanayasa. Baik Abah Erlan Maupun Babang Subarna, keduanya berharap kegiatan donor darah ini dapat secara kontinyu dilaksanakan di wilayah kecamatan Wanayasa, sebagai sebuah bentuk kepekaan sosial dan ikut berperan aktif dalam menjaga ketersediaan stok darah PMI kabupaten Purwakarta terlebih di masa pandemic covid-19 ini.

          Keduanya mengucapkan terima kasih kepada seluruh relawan pendonor darah yang telah secara sukarela mendonorkan darahnya pada kegiatan ini, semoga kegiatan ini membawa keberkahan bagi umat manusia.

          Setiap mengadakan acara tersebut para calon selalu antusias karena selain dianggap sebagai “ sedekah “  mereka memahami pentingnya kesehatan dengan mendonorkan darahnya. Karena saat mendonorkan darah maka tubuh kita akan bereaksi langsung dengan membuat penggantinya. Jadi kita tidak akan kekurangan darah, selain membuat tubuh memproduksi darah baru ada beberapa manfaat kesehatan lainnya yang bisa kita rasakan dari mendonor darah, antata lain: menjaga kesehatan jantung, meningkatkan produksi sel darah merah, membantu penurunan berat tubuh, mendapatkan kesehatan Psikologis serta mendeteksi penyakit serius.

         Cuaca yang kurang bersahabat Karena angin bertiup agak kencang dari pagi tidak menyurutkan antusiasme/ semangat para pendonor, sebelumnya para calon pendonor di cek kesehatannya terlebih dahulu untuk memastikan mereka dalam keadaan yang sehat. Setelah mereka selesai mendonor mereka tidak lupa diberikan obat penambah darah dan minuman ( susu ) agar pendonor tetap sehat.

 

          “Insya Allah, nanti tiga bulan mendatang kita akan melaksanakan kembali kegiatan donor darah  di kecamatan Wanayasa” pungkas Abah Erlan.

 

NURUL SITI HASANAH

Tinggalkan Komentar

Email anda tidak akan ditampilkan. Harap isi semua yang bertanda *

Artikel Terpopuler