Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

Desaku Purwakarta
Rp. 0
Keranjang masih kosong.

Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

ANTUSIASME PIKET PPKM DI POSKO COVID-19 DESA WANAYASA.

ANTUSIASME PIKET PPKM DI POSKO COVID-19 DESA WANAYASA.

           Sesuai arahan pemerintah melalui Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 3 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat  (PPKM)  berbasis Mikro Dan Pembentukan Posko Penanganan Corona Virus Disease (Covid-19) di tingkat Desa dan Kelurahan untuk pengendalian Covid-19. Di Desa Wanayasa setiap harinya diberlakukan Piket penanganan Covid-19 dengan cara memberlakukan Piket pemberlakuan Pembatasan Kegiatan masyarakat (PPKM) yang berpusat di Pos Covid-19 Kantor Desa. Dimana setiap harinya mulai tanggal 16 Februari 2021 sampai dengan tanggal 22 Februari 2021 selalu  melaksanakan piket mulai dari pukul 08:00 WIB sampai pukul 24:00 WIB, yang kemudian di perpanjang lagi sampai tanggal 08 Maret 2021, guna meningkatkan pengawasan terhadap kegiatan masyarakat.

                Hingga saat ini, posko Covid - 19 di Desa Wanayasa berjalan lancar. Semua Perangkat dan Aparat Desa mulai dari RT, RW, Dusun, BPD, LINMAS ikut berperan aktif dalam pengawasan lingkungan . Dengan pengawasan dan penanganan ini diharapkan dapat memutus mata rantai perkembangan Covid-19  di Desa Wanayasa khususnya. pengawasan di era ini mudah mudahan akan lebih efektif karena pengawasannya bisa lebih detil dari sebelumnya.  

                Penerapan protokol kesehatan di setiap tempat umum masih tetap harus dilaksanakan sebagai bentuk upaya pencegahan dan pemutus Covid-19. dengan adanya PPKM dukungan masyarakat sangat penting dimana mereka lebih memiliki kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan.

                Tidak bosan Pemerintah Desa Wanayasa tetap selalu mengingatkan akan pentingnya 3 M. Selalu memakai masker kemanapun akan pergi atau ketika berada di tempat umum, Selalu mencuci tangan atau menyediakan/ menggunakan hand Sanitizer dan selalu menjaga jarak. selain itu harus selalu menjaga kondisi kesehatan agar tidak mudah terserang/ terpapar virus dan bakteri. bisa dengan cara selalu mengkonsumsi makanan sehat dan  buah buahan.

                Dalam pelaksanaan piket PPKM para anggota pelaksana piket sangat antusias menjalakan kegiatan tersebut, semua anggota bergantian melaksanakan tugasnya sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. Setiap harinya ada 10 anggota yang melaksanakan tugas. Dari 10 anggota terdiri dari ketua RT, RW, Perangkat Desa, BPD dan Linmas dengan kordinator Dusun tiap RW-nya. Mereka membagi 3 waktu untuk berjaga akan tetapi tidak sedikit yang justru dari pagi hingga malam para anggota betah di tempat posko karena tersedianya Wifi sebagai perangkat yang dapat menghibur mereka di saat sedang piket, kehebohan bisa terjadi tatkala mereka menonton Youtube di Hp masing masing pada saat piket berlangsung. Mereka sepertinya ikhlas dalam menjalankan tugas sebagai Perangkat dan Aparat Desa yang bertugas sebagai penjaga Pos Covid-19.

                Pada pelaksanaannya, Anggota Babinsa Wanayasa Saeful Anwar dan Bhabinkamtibmas Wanayasa Bripka Agus Imamunandar selalu rutin mengontrol kegiatan tersebut.  Mereka mengecek semua data yang tertera di papan perkembangan Covid-19.

                Babang Subarna, M.Pd selaku Pj Kades Wanayasa mengungkapkan kekagumannya akan kekompakan semua Perangkat dan Aparat yang bertugas. Beliau tidak lupa selalu berterimakasih kepada seluruh anggota yang bertugas dan mengingatkan akan pentingnya tetap menjaga kesehatan.

Semoga kita semua sehat dan selalu ada dalam lindungan Allah SWT. 

 

( Nurul Siti Hasanah )

 

 

 

Tinggalkan Komentar

Email anda tidak akan ditampilkan. Harap isi semua yang bertanda *