Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

Desaku Purwakarta
Rp. 0
Keranjang masih kosong.

Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

Persiapan mini pameran UMKM dimasa pandemi

Persiapan mini pameran UMKM dimasa pandemi

     Dalam waktu dekat ini Desa Wanayasa akan menggelar sebuah acara mini pameran UMKM yang rencananya dilaksanakan pada hari Kamis, 11 Februari 2021 pukul 09:00 WIB sampai dengan selesai. Rencana tersebut telah diungkapkan oleh Babang Subarna, M.Pd selaku Pj. Kepala Desa Wanayasa pada saat rapat minggon hari Jumat, 29 Januari 2021 di Aula Desa Wanayasa yang dihadiri Perangkat dan Aparat Desa melalui rapat minggon Desa Wanayasa.

    Salah satu tujuan utama diadakannnya kegiatan mini Pameran tersebut untuk mendukung pelaku UMKM dan meningkatkan daya saing produk lokal. Secara garis besarnya mini pameran tersebut ditujukan sebagai ajang mengenalkan produk ke masyarakat, baik produk berupa makanan, hasil kerajinan maupun produk lain.

     Usaha Mikro Kecil Menengah ( UMKM ) itu sendiri adalah istilah umum dalam khazanah ekonomi yang merujuk kapada usaha ekonomi produktif yang dimikili perorangan maupun badan usaha sesuai dengan kriteria yang ditetapkan oleh undang undang No. 20 tahun 2008.

     Sampai saat ini, pameran merupakan salah satu bentuk strategi pemasaran yang cukup efektif untuk menjaring konsumen. Dan bagi usaha pemula, pameran merupakan sarana pemasaran yang tepat untuk memperkenalkan produk serta mempromosikannya.

          Mini pameran UMKM yang akan dilaksanakan di Desa Wanayasa rencananya disetiap stan akan menampilkan produk ungulannya, yang tentunya selain di pamerkan, produknya bisa dijual langsung kepada peminatnya.

     Meski dilaksanakan pada masa pandemi, diharapkan kegiatan ini bisa berjalan secara efektif, dimana produk-produk unggulan desa Wanayasa dapat lebih dikenal dan dapat mendongkrak perekonomian atau kegiatan usaha para penggiat UMKM. Sasarannya adalah warga lokal maupun warga di luar desa Wanayasa itu sendiri. Kegiatan ini juga tentu akan dipublikasikan melalui berbagai media yang dimiliki pemerintah desa Wanayasa, baik melalui webdesa, serta berbagai media sosial Pemerintah desa Wanayasa.

     Seperti yang diketahui, bahwa di desa Wanayasa terdapat 19 Rukun Tetangga, itu artinya akan ada stan sebanyak 19 meja. Karena setiap RT diwajibkan memiliki 1 stan dan minimal memamerkan 1 produk unggulan. Diharapkan acara tersebut mendapat banyak dukungan dari berbagai pihak dan difahami sebagai salah satu upaya pemerintah desa dalam ikut memfasilitasi penggiat UMKM di desa Wanayasa.Pj.

     Kepala Desa Wanayasa, Babang Subarna mengatakan tujuan dilaksanakannya mini pameran tersebut tentunya didasari karena adanya dampak dari pandemi Covid -19 yang begitu berpengaruh terhadap penurunan yang drastis pada pelaku ekonomi di desa Wanayasa dalam penjualan produk UMKM pada saat ini sehingga desa perlu membangkitkan kembali gairah para pelaku UMKM untuk bisa lebih meningkatkan lagi mutu dan kualitas produk usahanya melalui dukungan Desa.

     Namun, karena rencana mini pameran ini akan dilaksanakan saat masih adanya pandemi covid-19, maka pada kegiatan mini Pameran UMKM yang akan digelar di Desa Wanayasa nanti harus dilaksanakan sesuai dengan prosedur protokol kesehatan, dengan tetap mewajibkan para peserta dan yang lainnya untuk selalu menggunakan masker dan menyediakan Hand Sanitizer.

     Mudah mudahan pada saatnya nanti kegiatan acara tersebut dapat berjalan dengan lancar dan bermanfaat bagi kita semua.

 

( Nurul Siti Hasanah )

 

 

 

Tinggalkan Komentar

Email anda tidak akan ditampilkan. Harap isi semua yang bertanda *

Artikel Terpopuler