Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

Desaku Purwakarta
Rp. 0
Keranjang masih kosong.

Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

POSYANDU DESA WANAYASA DIMASA PANDEMI COVID -19

POSYANDU DESA WANAYASA DIMASA PANDEMI COVID -19

Posyandu adalah wadah pelayanan kesehatan yang dilakukan oleh, dari dan untuk masyarakat. kegiatan posyandu penting untuk menjaga kesehatan ibu dan anak sekaligus memantau pertumbuhan si kecil.

Pemantauan tumbuh kembang balita sangat penting dilakukan sebagai upaya untuk memantau perkembangan sekaligus mengidentifikasi adanya gangguan pertumbuhan sejak dini. pematauan ini dapat dilakukan diberbagai pelayanan kesehatan masyarakat, salah satunya adalah posyandu.

Kegiatan pelaksanaan posyandu biasanya dilakukan bergantung pada kader kadernya, dimana mereka mentukan tempat, waktu dan keberhasilan pengelolaan ekegiatan posyandu pada wilayahnya masing masing.

Fungsi kegiatan posyandu salah satunya adalah sebagai wadah bertukar informasi kesehatan bagi masyarakat awam. para ibu yang menjadi peserta kegiatan tersebut dapat bertukar informasi mengenai kondisi kondisi kesehatan tertentu.

Posyandu juga berperan  sebagai wadah untuk mendekatkan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat. terutama bagi masyarakat yang tidak mampu atau kesulitan mendapatkan akses pelayanan kesehatan. dalam hal ini masyarakat dituntut untuk berperak aktif dalam berbagai kegiatan kegiatan kesehatan,  seperti keluarga berencana ( KB ), imunisasi bayi, hingga pemenuhan gizi ibu dan anak.  dengan tujuan mewujudkan masyarakat yang sehat.

Dan salah satu fungsi Posyandu yang sangat penting itu adalah tidak hanya dilakukan dengan pemberian imunisasi dan pengecekan berat badan pada anak saja , tapi juga mencakup pamantauan gizi pada ibu dan anak dengan harapan agar anak tumbuh dengan baik dan terhindar dari gizi buruk.

Maka dari itu Desa Wanayasa rutin melaksanakan kegiatan Posyandu satu bulan sekali di tiap 5 wilayah masing masing. salah satunya kegiatan Posyandu Anggrek yang bertempat di wilayah Kp. Krajan RT 11 Desa Wanayasa setiap tanggal 16 setiap bulannya. disini digelar penimbangan bayi dan balita sebelum usia 6 tahun. sepulang penimbangan biasanya para kader akan memberikan makan berupa biscuit, susu atau bubur kacang hijau sebagai makanan tambahan bagi bayi atau balita. kegiatan tersebut juga berlaku bagi ibu hamil. dimana para ibu hamil bisa menimbang berat badannya di posyandu tersebut dan memeriksakan kesehatannya. ini sangat diperlukan sekali, mengingat Indonesia juga masih dilanda Pandemi Covid-19 dimana setiap ibu hamil dan bayi diharapkan melakukan pemeriksaan lebih aktif agar terhindar dari virus yang berbahaya, seperti Virus Corona.

Dalam kegiatan tersebut juga tidak lupa para kader selalu mengingatkan pengunjung Posyandu untuk selalu melaksanakan protokol kesehatan 3 M, yaitu untuk selalu memakai masker, menjaga jarak dan selalu mencuci tangan/ menggunakan hand sanitizer. himbauan tersebut selalu diingatkan oleh Bripka Agus Imamunandar selalu Bhabinkamtibmas Desa Wanayasa dalam setiap giatnya di Desa Wanayasa yang diamini oleh Babang Subarna, M.Pd selaku Pj. Kades Wanayasa.

Babang Subarna juga menambahkan mudah mudahan kegiatan ini bisa selalu dilaksanakan dengan lancar dan semua sehat, mengingat pandemi covid-19 yang terus merajalela. Kades berharap bukan hanya saja kepada para pengunjung posyandu tapi kepada seluruh warga Wanayasa agar selalu tetap menjaga kondisi supaya tidak mudah sakit. karena Virus Covid-19 mudah menyerang pada orang yang punya daya tahan tubuh lemah.

( Nurul Siti Hasanah )

 

Tinggalkan Komentar

Email anda tidak akan ditampilkan. Harap isi semua yang bertanda *