Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

Desaku Purwakarta
Rp. 0
Keranjang masih kosong.

Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

Hamparan Buah Manggis dan Naga, Kearifan Lokal Berdayakan Warga Wanayasa

Hamparan Buah Manggis dan Naga, Kearifan Lokal Berdayakan Warga Wanayasa

Buah manggis merupakan salah satu komoditas unggulan yang berada di Kabupaten Purwakarta. Salah satu desa yang memiliki perkebunan Buah Manggis adalah Desa Wanayasa yang terletak di Kecamatan Wanayasa. Perkebunan ini merupakan salah satu perusahaan yang mengekspor buah-buah ke beberapa penjual buah. 

Pada hari Kamis, 7 September 2023, Perangkat Desa dan Praja IPDN berkunjung ke salah satu perkebunan buah manggis dan naga yang berada di Desa Wanayasa, Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta. Di samping buah naga dan buah manggis, terdapat beberapa buah-buahan sampingan yang menjadi selingan antara waktu panen buah naga dan buah manggis. Antara lain buah markisa, buah pisang, buah nanas. Masa panen buah manggis adalah tiga setengah bulan dari masa munculnya bakal buah, sedangkan untuk buah naga adalah 47 hari dari munculnya bakal buah.

Kontribusi dari adanya perkebunan manggis dan naga di Desa Wanayasa ini adalah para pekerja yang menjadi karyawan di perkebunan ini merupakan warga masyarakat lokal Desa Wanayasa yang bertempat tinggal di sekitar lokasi perkebunan. 

Tinggalkan Komentar

Email anda tidak akan ditampilkan. Harap isi semua yang bertanda *

Artikel Terpopuler